8/17/2011

Rahasia Lailatul Qodar

Bila anda seorang muslim sejati, pasti di bulan ramadhan ini anda sedang berpuasa, dan salah satu keutamaan bulan Ramadhan bukan hanya karena pahala yang dilipatgandakan, dosa-dosa diampuni, pintu syurga dibuka dan pintu neraka ditutup, dan syetan-syetan dibelenggu, tetapi di bulan ini juga terdapat malam khusus yang nilainya lebih baik dari seribu bulan, namun terjadinya dirahasiakan Alloh SWT, yakni malam Lailatul Qodar.

Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penah hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami.

Salah satu rahasia terbesar bulan ramadhan adalah adanya satu malam khusus (yang datangnya dirahasiakan oleh Allah SWT), yang dikenal dengan malam lailat al-Qadr. Nah apa sih malam lailat al-Qadr itu? malam lailat al-Qadr adalah satu malam yang jika kita beribadah dengan khusyu dan dengan cara yang benar di saat itu, maka pahala ibadah kita tersebut akan dihitung sebagai ibadah yang setara dengan kalau kita beribadah selama 1000 bulan di luar bulan suci ramadhan. Subhanallah. Kalau dihitung-hitung, berarti sama nilainya dengan 1000:12 = 83,333 atau 83,5 tahun beribadah.

Karena itu, malam lailat al-Qadr menjadi malam yang istimewa dari sekian banyak keistimewaan bulan suci ramadhan. Namun sayang sekali, di bulan yang penuh berkah dan banyak keistimewaan tersebut, kita sering menjadi lalai di dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Bahkan yang banyak ditemukan justru kegiatan-kegiatan yang mengganggu kekhusyu’an ibadah puasa dan bulan ramadhan itu sendiri. Seorang teman berkelakar, jika datanganya malam lailat al-Qadr, turun ketika orang itu sedang berbuat maksiat, maka sungguh celaka karena boleh jadi Allah SWT., akan menghitungnya sebagai kejahatan yang setara dengan kejahatan yang dilakukan selama 1000 bulan. Naudzu Billaahi min Dzaalik.

Kita berdo’a kepada Allah SWT, semoga bulan ramadhan yang penuh berkah ini, menjadi sarana pendidikan bagi kita semua, memberikan kepada kita kesadaran lahir dan batin, untuk istiqamah di dalam beribadah kepada Allah SWT., dan semoga kita semua dijadikan-Nya sebagai hamba-Nya yang saleh, taqwa dan senantiasa istiqamah di melaksanakan semua yang diperintahkan-Nya. Dan semoga Allah mempertemukan kita dengan malam lailat al-Qadr, Amiin…yaa Rabbal ‘aalamiin.